Animated Spinning Kunai - Naruto

Senin, 01 Desember 2014

LAPORAN ORIENTASI COMFORT HOTEL TANJUNGPINANG

LAPORAN ORIENTASI
COMFORT HOTEL
4 NOVEMBER 2014


DISUSUN OLEH
NAMA: CHANDRA KURNIAWATI
KELAS: X UPW 2
T.P     : 2014/2015

SEBAGAI PERSYARATAN NILAI PRAKTEK
UNTUK MATA PELAJARAN
INDUSTRI PERHOTELAN


USAHA PERJALANAN WISATA
SMK N 1 TANJUNGPINANG
PROV. KEPULAUAN RIAU
TAHUN 2014



BAB I.
 PENDAHULUAN

A. SEJARAH PERHOTELAN
Berdiri pada tanggal 28 September 1984 yang dulunya bernama Royal Palace Hotel. Owner ROYAL PALACE HOTEL bernama Mr. Alexandre Ang dan Jhon Kennedy Melati. Pada tahun 2010 ROYAL PALACE HOTEL bergabung dengan group terbesar yang dikenal dan bernama COMFORT HOTEL AND RESORT, dan ROYAL PALACE HOTEL berganti nama menjadi COMFORT HOTEL yang karena agar lebih bagus dan lebih nyaman lagi. Karena perubahan nama, owner COMFORT HOTEL tetap Mr. Alexandre Ang tetapi tidak lagi bersama Jhon Kennedy Melati. Karena COMFORT HOTEL merupakan group tebesar maka berdirilah seorang GM yang bernama Mr. Soedarmoto. COMFORT HOTEL memiliki cabang yang berada di DUMAI dan PEKANBARU. COMFORT HOTEL sekarang berumur 20tahun.
COMFORT HOTEL berganti nama sebanyak 3kali, yang pertama ROYAL PALACE HOTEL, yang kedua  COMFORT HOTEL AND RESORT, dan yang ketiga COMFORT HOTEL. Dan 2kali berganti group yaitu ROYAL BRUNEI dan yang kedua COMFORT HOTEL AND RESORT.
Fasilitas yang dimiliki oleh COMFORT HOTEL TANJUNGPINANG adanya ; 115 room, Swimming Pool, 8 Meeting Room, Fitnes and Sauna, PUB, Bisnis Center, dll.

B. TUJUAN PENULISAN
Memahami secara langsung kondisi Hotel-hotel yang berada di Tanjungpinang, yang diwakilkan oleh COMFORT HOTEL, dengan menggabungkan informasi dari teori disekolah dan secara praktek dalam industri perhotelan, serta memahami perkembangan dan penambahan tentang bisnis perhotelan.

BAB II.
  PEMBAHASAN

A.    FASILITAS COMFORT HOTEL
1.   FRONT OFFICE
Merupakan tempat dimana tamu memesan/keluar kamar (check-in/check-out) dan tempat dimana tamu untuk menunggu.
Didalam Front Office terdapat beberapa tempat seperti:
a.      Reception
Ukuran meja yang cukup panjang untuk petugas reception dengan ukuran    (± tinggi 1meter), serta berhadapan langsung dengan tamu untuk check-in/check-out. Reception tersebut terdapat cashier, operator, information.
b.      Lobby
Ruang tunggu untuk tamu hotel yang berada di depan Reception.
c.      Wi-Fi
Merupakan sebuah jaringan internet yang ada pada setiap sisi Hotel, yang berguna untuk para tamu.
d.      CCTV Security System
Merupakan kamera tersembunyi walaupun letaknya tidak tersembunyi, yang dipantau selalu oleh pihak Hotel, CCTV termasuk dalam ENGINERING dari Hotel tersebut.
2.      FOOD AND BAVERAGE
     Merupakan sebuah penyajian tempat makan untuk para tamu.
     Food And Baverage terbagi atas:
a.      Restaurant
Sebuah tempat makan di dalam hotel, yang diperuntukkan untuk para tamu muntuk makan sesuai dengan jam (breakfast, lunch, and dinner).
b.      Restaurant and Santai Lounge
Sebuah tempat untuk bersantai untuk mendengarkan live music serta menikmati orderannya.
c.      Bar
Sebuah tempat atau counter yang terdapat dalam PUB yang menyediakan minuman beralkohol seperti anggur, bir, koktail, dll. Bukan hanya minuman beralkohol tetapi dilengkapi dengan aneka soft drink.
d.      Pool Bar
Sebuah tempat yang berada pada kolam renang, untuk memesan makanan dan minuman.
e.      Meeting Room
Terbagi menjadi 8 yaitu: Hang Nadim, Hang tuah, Hang Jebat, Hang Lekir, Gurindam 1, Gurindam 2, Ketsuri, Hang Leiku.
Meeting Room merupakan sebuah ruangan yang terdapat dalam sebuah Hotel yang berfungsi sebagai baik itu sebuah tempat pertemuan ataupun acara lain.
f.        Volcano PUB
Merupakan tempat untuk bersenang-senang dengan minuman dan makanan yang tersedia di tempat tersebut, dengan diiringi musik DJ.
3.       HOUSE KEEPING
Merupakan department yang wajib ada pada setiap Hotel.
Fasilitas yang terdapat pada COMFORT HOTEL yaitu:
a.      Tenis Court
Merupakan sebuah lapangan tenis yang terdapat di bagian Hotel dan terletak di luar kamar.
b.      Spa
Merupakan sebuah tempat message(pijat) tubuh.
c.      Fitness Center or Gymnasium
Merupakan sebuah tempat yang terdapat dalam fasilitas hotel yang berfungsi sebagai tempat pelatihan fisik atau kebugaran tubuh.
d.      Room
Terdapat 115 kamar, 20 bungalow, dan 1 bungalow suite.
Didalam room terdapat, AC, Tempat Tidur, Meja Rias, Kamar Mandi, Tv, Wi-Fi, Lemari, Mini Bar, dll. Isi dari sebuah room tergantung lokasi dan tingkatan room tersebut.
Harga dari setiap Room beserta isi dan lokasi room berada itu berbeda.
ROOM
RATE
Superior Room
Rp. 675.000,-
Deluxe Room
Rp. 775.000,-
Bungalow Garden View
Rp. 875.000,-
Bungalow Pool View
Rp. 975.000,-
Bungalow Suite
Rp. 1.500.000,-
Extra Bed
Rp. 200.000,-
e.      Laundry and Valet Service
Merupakan sebuah tempat pencucian peralatan yang ada di kamar, yang setiap hari diganti oleh house keeper (bellboy), yang selama tamu itu berada dihotel tersebut. Pencucian yang dimaksudkan adalah Bed Cover, Sprei, Haduk.
f.        Swimming Pool
Merupakan sebuah tempat untuk olahraga air yang berada diHotel, terutama untuk berenang para tamu, baik tamu yang menginap maupun tamu yang tinggal di daerah tersebut. Bagi yang menginap untuk berenang free, tetapi bagi yang tidak menginap diwajibkan untuk membayarnya.
g.      Sauna
Merupakan sebuah tempat yang berisi pengahatan tubuh, untuk menghangatkan para tamu yang berkunjung ke Hotel.
h.      Garden
Merupakan tempat untuk bersantai para tamu dengan menikmati pemandangan disekitar.
i.         Playgrund Chair
Merupakan tempat duduk untuk bersantai para tamu dengan menikmati pemandangan beserta lapangan bermain bagi para tamu yang membawa anak-anak.

BAB III.
    PENUTUP

KESIMPULAN:
          Hotel Comfort Tanjungpinang merupakan salah satu hotel yang paling sering menjadi tempat penginapan bagi wisatawan asing. Hotel ini juga memiliki fasilitas-fasilitas dan pelayanan yang dapat memuaskan hati para tamu. Setelah mengunjungi Hotel Comfort, saya dapat mengetahui serta mempelajari tentang fasilitas yanga ada dihotel baik didalam ruangan hotel maupun diluar ruangan hotel, dan Table Manner, etitut makan yang baik. Tetapi dibagian lain terdapat masalah bagi kami (pihak  sekolah) yang mengunjungi hotel karena penyampaian dari pihak hotel kurang puas sehinga informasi mengenai hotel tidak kami dapat, seperti informasi tentang sejarah hotel, fasilitas kamar, dan fasilitas lainnya.


SARAN:
           Saran saya untuk Hotel agar membuat lapangan parkir yang luas agar kendaraan yang memasuki hotel dengan mudah untuk mencari tempat parkir yang tepat, Menu makanan yang tidak sesuai dengan kondisi hotel tersebut maksudnya adalah Hotel Comfort tersebut bagus tapi menu pada Restorant kurang memuaskan. saran saya agar Hotel Comfort dapat menyesuaikan kondisi hotel dengan makanan tersebut.
           Saran saya untuk sekolah untuk menyediakan sarana transportasi mungkin itu berupa bus untuk perjalanan apabila ada kegiatan pembelajaran langsung ke lapangan. Contohnya saja tour hotel ini siswa-siswi masih menggunakan transpot dan motor masing-masing dimana memiliki tingkat resiko yang tinggi juga menyulitkan siswa-siswi sekalian. Dan juga untuk tidak memperlambat jadwal apabila ada kegiatan pelatihan langsung di lapangan.

               








Tidak ada komentar: