LAPORAN ORIENTASI
COMFORT HOTEL
4 NOVEMBER 2014
DISUSUN OLEH
NAMA: CHANDRA KURNIAWATI
KELAS: X UPW 2
T.P
: 2014/2015
SEBAGAI PERSYARATAN NILAI
PRAKTEK
UNTUK MATA PELAJARAN
INDUSTRI PERHOTELAN
|
USAHA PERJALANAN WISATA
SMK N 1 TANJUNGPINANG
PROV. KEPULAUAN RIAU
TAHUN 2014
BAB I.
PENDAHULUAN
A.
SEJARAH
PERHOTELAN
Berdiri
pada tanggal 28 September 1984 yang dulunya bernama Royal Palace Hotel. Owner ROYAL PALACE HOTEL bernama Mr. Alexandre
Ang dan Jhon Kennedy Melati. Pada tahun 2010 ROYAL PALACE HOTEL bergabung dengan group terbesar yang dikenal dan
bernama COMFORT HOTEL AND RESORT, dan
ROYAL PALACE HOTEL berganti nama
menjadi COMFORT HOTEL yang karena
agar lebih bagus dan lebih nyaman lagi. Karena perubahan nama, owner COMFORT HOTEL tetap Mr. Alexandre Ang
tetapi tidak lagi bersama Jhon Kennedy Melati. Karena COMFORT HOTEL merupakan group tebesar maka berdirilah seorang GM
yang bernama Mr. Soedarmoto. COMFORT
HOTEL memiliki cabang yang berada di DUMAI dan PEKANBARU. COMFORT HOTEL sekarang berumur 20tahun.
COMFORT HOTEL berganti
nama sebanyak 3kali, yang pertama ROYAL
PALACE HOTEL, yang kedua COMFORT HOTEL AND RESORT, dan yang ketiga COMFORT HOTEL. Dan 2kali berganti group
yaitu ROYAL BRUNEI dan yang kedua COMFORT HOTEL AND RESORT.
Fasilitas
yang dimiliki oleh COMFORT HOTEL
TANJUNGPINANG adanya ; 115 room, Swimming Pool, 8 Meeting Room, Fitnes and
Sauna, PUB, Bisnis Center, dll.
B.
TUJUAN
PENULISAN
Memahami
secara langsung kondisi Hotel-hotel yang berada di Tanjungpinang, yang diwakilkan
oleh COMFORT HOTEL, dengan
menggabungkan informasi dari teori disekolah dan secara praktek dalam industri
perhotelan, serta memahami perkembangan dan penambahan tentang bisnis
perhotelan.
BAB II.
PEMBAHASAN
A.
FASILITAS
COMFORT HOTEL
1. FRONT OFFICE
Merupakan
tempat dimana tamu memesan/keluar kamar (check-in/check-out) dan tempat dimana
tamu untuk menunggu.
Didalam Front
Office terdapat beberapa tempat seperti:
a. Reception
Ukuran meja yang cukup panjang untuk petugas
reception dengan ukuran (± tinggi
1meter), serta berhadapan langsung dengan tamu untuk check-in/check-out.
Reception tersebut terdapat cashier,
operator, information.
b. Lobby
Ruang tunggu untuk tamu hotel yang berada di depan
Reception.
c. Wi-Fi
Merupakan sebuah jaringan internet yang ada pada
setiap sisi Hotel, yang berguna untuk para tamu.
d. CCTV Security
System
Merupakan kamera tersembunyi walaupun letaknya
tidak tersembunyi, yang dipantau selalu oleh pihak Hotel, CCTV termasuk dalam
ENGINERING dari Hotel tersebut.
2.
FOOD AND BAVERAGE
Merupakan
sebuah penyajian tempat makan untuk para tamu.
Food And Baverage terbagi atas:
a. Restaurant
Sebuah tempat makan di dalam hotel, yang
diperuntukkan untuk para tamu muntuk makan sesuai dengan jam (breakfast, lunch,
and dinner).
b. Restaurant and
Santai Lounge
Sebuah tempat untuk bersantai untuk mendengarkan
live music serta menikmati orderannya.
c. Bar
Sebuah tempat atau counter yang terdapat dalam PUB
yang menyediakan minuman beralkohol seperti anggur,
bir, koktail, dll. Bukan hanya minuman beralkohol tetapi dilengkapi dengan
aneka soft drink.
d. Pool Bar
Sebuah tempat yang berada pada kolam renang, untuk
memesan makanan dan minuman.
e. Meeting Room
Terbagi menjadi 8 yaitu: Hang Nadim, Hang tuah,
Hang Jebat, Hang Lekir, Gurindam 1, Gurindam 2, Ketsuri, Hang Leiku.
Meeting Room merupakan sebuah ruangan yang
terdapat dalam sebuah Hotel yang berfungsi sebagai baik itu sebuah tempat
pertemuan ataupun acara lain.
f.
Volcano PUB
Merupakan tempat untuk bersenang-senang dengan
minuman dan makanan yang tersedia di tempat tersebut, dengan diiringi musik DJ.
3.
HOUSE KEEPING
Merupakan department yang wajib ada pada setiap
Hotel.
Fasilitas yang terdapat pada COMFORT HOTEL yaitu:
a. Tenis Court
Merupakan
sebuah lapangan tenis yang terdapat di bagian Hotel dan terletak di luar kamar.
b. Spa
Merupakan sebuah tempat message(pijat) tubuh.
c. Fitness Center
or Gymnasium
Merupakan sebuah tempat yang terdapat dalam
fasilitas hotel yang berfungsi sebagai tempat pelatihan fisik atau kebugaran
tubuh.
d. Room
Terdapat 115 kamar, 20 bungalow, dan 1 bungalow
suite.
Didalam room terdapat, AC, Tempat Tidur, Meja
Rias, Kamar Mandi, Tv, Wi-Fi, Lemari, Mini Bar, dll. Isi dari sebuah room
tergantung lokasi dan tingkatan room tersebut.
Harga dari setiap Room beserta isi dan lokasi room
berada itu berbeda.
ROOM
|
RATE
|
Superior
Room
|
Rp.
675.000,-
|
Deluxe Room
|
Rp.
775.000,-
|
Bungalow
Garden View
|
Rp.
875.000,-
|
Bungalow
Pool View
|
Rp.
975.000,-
|
Bungalow
Suite
|
Rp.
1.500.000,-
|
Extra Bed
|
Rp.
200.000,-
|
e. Laundry and
Valet Service
Merupakan sebuah tempat pencucian peralatan yang
ada di kamar, yang setiap hari diganti oleh house keeper (bellboy), yang selama
tamu itu berada dihotel tersebut. Pencucian yang dimaksudkan adalah Bed Cover,
Sprei, Haduk.
f.
Swimming Pool
Merupakan sebuah tempat untuk olahraga air yang
berada diHotel, terutama untuk berenang para tamu, baik tamu yang menginap
maupun tamu yang tinggal di daerah tersebut. Bagi yang menginap untuk berenang
free, tetapi bagi yang tidak menginap diwajibkan untuk membayarnya.
g. Sauna
Merupakan sebuah tempat yang berisi pengahatan
tubuh, untuk menghangatkan para tamu yang berkunjung ke Hotel.
h. Garden
Merupakan tempat untuk bersantai para tamu dengan
menikmati pemandangan disekitar.
i.
Playgrund Chair
Merupakan tempat duduk untuk bersantai para tamu
dengan menikmati pemandangan beserta lapangan bermain bagi para tamu yang
membawa anak-anak.
BAB
III.
PENUTUP
KESIMPULAN:
Hotel Comfort Tanjungpinang
merupakan salah satu hotel yang paling sering menjadi tempat penginapan bagi
wisatawan asing. Hotel ini juga memiliki fasilitas-fasilitas dan pelayanan yang
dapat memuaskan hati para tamu. Setelah mengunjungi Hotel Comfort, saya dapat
mengetahui serta mempelajari tentang fasilitas yanga ada dihotel baik didalam
ruangan hotel maupun diluar ruangan hotel, dan Table Manner, etitut makan yang
baik. Tetapi dibagian lain terdapat masalah bagi kami (pihak sekolah) yang mengunjungi hotel karena
penyampaian dari pihak hotel kurang puas sehinga informasi mengenai hotel tidak
kami dapat, seperti informasi tentang sejarah hotel, fasilitas kamar, dan
fasilitas lainnya.
SARAN:
Saran saya
untuk Hotel agar membuat lapangan parkir yang luas agar kendaraan yang memasuki
hotel dengan mudah untuk mencari tempat parkir yang tepat, Menu makanan yang
tidak sesuai dengan kondisi hotel tersebut maksudnya adalah Hotel Comfort
tersebut bagus tapi menu pada Restorant kurang memuaskan. saran saya agar Hotel
Comfort dapat menyesuaikan kondisi hotel dengan makanan tersebut.
Saran saya
untuk sekolah untuk menyediakan sarana transportasi mungkin itu berupa bus
untuk perjalanan apabila ada kegiatan pembelajaran langsung ke lapangan.
Contohnya saja tour hotel ini siswa-siswi masih menggunakan transpot dan motor
masing-masing dimana memiliki tingkat resiko yang tinggi juga menyulitkan
siswa-siswi sekalian. Dan juga untuk tidak memperlambat jadwal apabila ada
kegiatan pelatihan langsung di lapangan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar